terserah

Jumat, 08 Juni 2012

penegertian menyimak


Pengertian Menyimak

Menyimak memiliki makna mendengarkan atau memperhatikan baik-baik apa yang dikatakan orang lain. Jelas faktor kesengajaan dalam kegiatan menyimak cukup besar, lebih besar daripada mendengarkan karena dalam kegiatan menyimak ada usaha memahami apa yang disimaknya sedangkan dalam kegiatan mendengarkan  tingkatan pemahaman belum dilakukan (Sutari, dkk. 1997/1998 : 6).

Sebagai istilah dalam pengajaran bahasa Indonesia, menyimak dapat diberi makna sebagai aspek persepsi mendengarkan , maka supaya dapat menyimak afektif seseorang itu harus mempunyai kemauan, untuk mengerti isi kata-kata pembicara. Kegiatan menyimak merupakan kegiatan reseptif berarti menyimak merupakan kegiatan seseorang untuk mau menerima pesan-pesan yang terkadang di dalam bunyi bahasa melalui alat indera pendengar menyiapkan dan menalarkan secara teratur, kemudian memahami makna dengan tepat seperti makna yang diharapkan oleh pembicara (Sutari, dkk. 1997/1998 : 6).

Tarigan (1986 : 28) menyemumukan bahwa menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan  lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman apresiasi, serta interprestasi  untuk mememperoleh informasi, menangkap isi atau pesa serta memahami makna  komunikasi yang telah disampaikan oleh pembicara melalui ujaran dan bak bahasa lisan.

Achsin dan Basang (1985 : 6) menyatakan bahwa, istilah menyimak tidak dapat diindentikan dengan istilah mendengar. Meskipun keduanya melalui indera yang sama. Mendengar merupakan proses penerimaan bunyi tanpa memperhatikan makna yang terdapat didalamnya. Sedangkan, menyimak disamping terjadi kegiatan mendengar terjadi juga proses pemahaman arti yang  terdapat pada bunyi bahasa. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa, pada kegiatan menyimak jelas terjadi proses mendengar, sedangkan pada kegiatan mendegar. Sedangkan pada kegiatan mendengar tidak selalu menyarah pada proses menyimak.

            Anderson, 1972 : 68 (dalam Sutari dkk) menyimak merupakan proses besar mendengarkan, menyimak, serta menginterpretasikan lambang-lambang lisan.

            Berdasarkan pengertian dan defenisi-defenisi yang telah dikemukakan sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang bunyi bahasa/lisan dengan penuh perhatian untuk memperoleh informasi atau makna yang disampaikan oleh pembicara.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar