terserah

Jumat, 08 Juni 2012

pengertian korelasi

Pengertian Korelasi
    Korelasi adalah hubungan timbale balik antara dua variabel. Pengertian ini diperkuat oleh pendapat azwar (1987 : 42) yang mengatakan bahwa istilah korelasi merujuk pada derajat hubungan atau saling hubungan antara dua variabel, adalah : hal aspek, keadaan, dan sebagainya yang sifatnya dapat dinyatakan dalam bermacam-macam nilai kuantitatif.
    Dalam dunia statistic, mencari korelasi selalu dilakukan teknik-teknik korelasi. Derajat hubungan antara dua variabel dinyatakan dalam suatu indeks yang disebut koefisien korelasi. Koefisien korelasi ini dinyatakan dalam angka, baik korelasi positif maupun korelasi negative (Azwar. 1987 : 43).
Bertolak dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa korelasi adalah hubungan timbale balik antara dua variabel, bukan hubungan sebab akibat dari dua variabel. Dengan demikian dalam interprestasi hasil ananlisis dengan teknik korelasi tidak boleh dikaitkan dengan perihal hubungan sebab akibat.
Jadi yang dimaksud dengan korelasi dalam penelitian ini adalah hubungan timbale balik antara variabel keterampilan menyimak dan penguasaan kosakata bahasa Indonesia mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah (PBSID) angkatan 2010.

1 komentar: