terserah

Jumat, 08 Juni 2012

peranan menyimak

1.1.2    Peranan Menyimak dalam Berbahasa
Bila terlihat situasi kebahasaan di Indonesia bukan merupakan bahasa itu (sebagai bahasa pertama) dari sebagian siswa,bsehingga keterampilan menyimak ini sangat dibutuhkan, tidak hanya untuk mengikuti pelajaran yang menyemukakan bahasa pengantar di sekolah-sekolah, tetapi dapat pula digunakan dalam pergaulan sehari-hari dalam masyarakat.
Uraian ini akan memusatkan perhatian padaa keterampilan menyimak dan menggunkan bahasa sebagai alat komunikasi dalam proses belajar mengajar maupan sebagai alat komunikasi dengan anggota-anggota masyarakat yang lain.
Ada  empat macam aspek keterampilan aspek keterampilan berbahasa yang masing-masing mempunyai sifat-sifat kesamaan. Oleh karena itu keempat jenis aspek tersebut merupakan  suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
BAGAN KETERAMPILAN BERBAHASA
Keterampilan menyimak

Lisan        Tulisan

menyimak        berbicara
    membaca        Menulis

Keterampilan produktif        Keterampilan produktif

Komunikasi

    Berdasarkan bagan di atas telah bahwa bahasa sebagai alat komunikasi itu ada yang bersifat lisan (bahasa itu terwujud kontinum bunyi yang dapat kita dengarkan), dan ada yang bersifat tulisan di dalamnya terkadang makna yang dapat menimbulkan respon atau tanggapan dari orang lain yang mendengarkan atau membacanya. Dengan demikian keterampilan menyimak sangat memegang peranan dalam kehidupan berbahasa seseorang, karena baik bahasa lisan maupun bahasa tulisan diperoleh dan melalui menyimak dan keterampilan menyimaklah yang paling sering digunakan oleh umat manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar