terserah

Jumat, 08 Juni 2012

penguasaan kosakata

3 Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia
    Penguasaan kosakata pada prinsipnya merupakan pemahaman atau kesanggupan menggunakan kata-kata di dalam keterampilan berbahasa baik secara lisan maupun tulisan. Dengan demikian kosakata memegang peranan yang sangat penting dalam pengajaran bahasa Indonesia, khusunya peningkatan kecerdasan seseorang. Sehubungan dengan hal itu Tarigan (1986 : 3) mengemukakan bahwa :
1.    Kuantitas dan kualitas, tingkat dan kedalaman kosakata merupakan indeks pribadi bagi perkembangan mentalnya; 
2.    Perkembangan kosakata merupakan perkembangan konseptual dan merupakan tujuan pendidikan dasar bagi setiap sekolah kejurusan; dan
3.    Semua pendidikan pada prinsipnya adalah pengembangan kosakata yang juga merupakan pengalama konseptual.
Merujuk pada pengertian di atas ternyata kemajuan berpikir berpenyaruh besar terhadap perkembangan bahasa yang tidak terlepas dari penambahan dan perkembangan kosakata. Oleh karena itu, penguasaan kosakata besar peranannya bagi keterampilan berbahasa seseorang.
Badudu (1985 : 78)  menyatakan bahwa mengusai bahasa Indonesia dengan baik akan mempermudah siswa memahami mata pelajaran yang lain, karena itu bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang lain karena itu bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang lain, karena itu bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran utama bagi siswa karena bahasa Indonesia menjadi dasar semua mata pelajaran.
Pembicaraan tentang pentingnya kosakata dalam meningkatkan kecerdasan dan prestasi belajar siswa atau mahasiswa sesuai juga pendapat Einstein bahwa “perkembangan mental seseorang dan cara pembentukan konsep sangat bergantung pada bahasa. Jadi bahasa merupakan jadi bahasa merupakan alat penalaran dalam arti yang sebenarnya (Oller dan Kaseng, 1985 : 8).
Berdasarkan beberapa pendapat di atas maka jelaslah bahwa penguasaan kosakata sangat berpengaruh dalam memahami mata pelajaran bagi siswa dan memahami mata kuliah lain bagi mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar